5 Tips Memperoleh Bebek Yang Gemuk dan Berkualitas

Untuk menghasilkan bebek yang gemuk dan berkualitas tinggi perlu perawatan yang tidak main-main? Apakah perawatan bebek sama seperti perawatan unggas yang lainnya? Berikut beberapa tips yang dapat Anda perhatikan untuk memulai usaha Anda beternak bebek.
  1. Perhatikan makanannya : makanan yang berkualitas pasti akan dicerna dengan baik oleh tubuh bebek. Anda tidak bisa memberinya sembarang panganan, meskipun kadang bebek memang makan sembarangan. Ransum atau pakan bebek juga harus baik secara kualitas dan cukup secara kuantitas, artinya pakan dalam keadaan baik (tidak berjamur, berkutu, busuk, berbau dll) pasti akan dicerna dan diserap nutrisinya dengan lebih baik daripada pakan yang sudah berbau atau berjamur. cukup secara kuantitas artinya pakan yang diberikan cukup dengan kebutuhan bebek.
  2. Perhatikan waktu makan. Pola makan hewan pun sama halnya dengan manusia. Tidak kurang dan tidak lebih. Untuk makanan bebek, jika Anda sudah terbiasa memberinya makan 3x sehari, penuhilah, jangan dilebihkan atau dikurangkan. Mengurangi makanan bisa membuat bebek Anda jadi lamban bertelur. Sedangkan jika dilebihkan, bisa jadi bebek Anda tidak terbiasa dan akhirnya bisa stres dan akhirnya produksinya berkurang.
  3. Pisahkan antara bebek yang sakit dan yang sehat. Jangan pernah sekali-kali mencampurnya, karena akan berdampak buruk pada bebek yang lainnya. Sebelumnya Anda harus mengetahui seperti apa ciri-ciri bebek yang sehat dan yang sakit. Berilah obat yang tersedia di toko hewan. Perlu Anda perhatikan, walaupun bebek hewan yang gemar bermain air hujan, jangan pernah membiarkan bebek Anda berkeliaran pada saat musim hujan. Bebek pun mempunyai insting, jika kondisi tubuhnya segar, bebek pasti dengan mudahnya berkeliaran di lingkungan kandang. Namun jika bebek mempunyai kondisi tubuh yang tidak enak, bebek pun akan melindungi dirinya. Membiarkan bebek berkeliaran pada saat musim hujan akan menyebabkan cepat merontokkan bulu-bulunya dan bebek enggak bertelur.
  4. Perlakukanlah hewan sama seperti Anda memperlakukan manusia. Dalam arti, tidak kasar. Misalnya, masuk ke dalam kandang dengan sangat berhati-hati dan tidak membuat bebek stress atau kaget. Bebek adalah hewan yang mudah sekali kaget.
  5. Kebersihan kandang juga perlu dijaga, jaga lingkungan kandang agar tetap bersih, lingkungan kandang yang bersih pasti akan menghindarkan bebek dari penyakit-penyakit yang timbul akibat kandang yang kotor, becek, dan lembab. Aturlah kandang bebek dengan baik sehingga sinar matahari bisa masuk menyinari kandang saat pagi atau sore dan atur supaya sirkulasi udara bisa lancar sehingga kandang menjadi kering dan relatif baunya akan berkurang.

Jika Anda sudah melakukan 5 tahapan diatas, mudah-mudahan bebek yang Anda rawat saat ini mempunyai daging yang berkualitas dan sehat. Semakin sehat bebek yang Anda rawat, maka semakin nyaman dagingnya untuk dimakan.